Thursday, July 31, 2008

Dahlia Syamsulyana



message 4: by Abah
1 hour, 45 min ago


yah Dahlia, klo ngingetin covernya mah bisa jadi bangpak ato item kulit manggis panuan, ato belender kayak blekuthek. Tapi yang penting isinya dong, eco miroso apa gak ke relung hati?
Hehe jadi ingat sama buku Yogya benteng proklamasi. Mana bulukan, mana dah dikencingin tikus, mana pernah kuyup keujanan. Tentu dong baca sambil matamerah, alergi debu dan flu berat.
*maaf klo abah curhat ka neng Lia*

post a comment »
edit | flag abuse *


message 5: by Dahlia
1 hour, 38 min ago


Iya neh Bah. Buku ini dah lama saya pinjem. Beneran gara2 sampulnya, kebalap terus ma buku2 lain. Padahal bah, dirikuw jarang liat buku dari covernya. Mungkin karena pengarangnya beneran kusuka jadi liat covernya sedikit kuciwa. Padahal mah, dirikuw ga pnya standar cover yang bagus heuheuheuh...

Coki Luciano



message 84: by coki
18 minutes ago


gimana kalo kita bikin sekolah goodreads indonesia..

saya pilih Gieb jadi kepsek n Abah ketua yayasannya.
huahahaha...

Po guru bahasa
Roos guru PKK
Nanto guru sejarah
Miss Leli guru BP
Hasanuddin kepala TU

gimana... gimana... gimana... gimana....?
oke ga.. oke ga.. oke ga...


message 86: by Abah (last edited 07/30/2008 09:07PM)
9 minutes ago


Waduh waduh idea berlian pisan atuh eta mah Coki. Tentu deh pikiran kita nantinya mo memasukkan unsur manajemen modern biar punya sekolah unggulan tuh Coki. Tapi lokasi sekolahnya di kota apa di desa tuh? Kayak apa endahnya lihat anak2 cucu2 kita sekolah sambil guyang di sawah seraya narik2 buntut kebo. Abah mau tuh meski cuma jadi satpam sambil soren bedog buat ngalap dangdeur. Duh edas temen euy.

Wednesday, July 30, 2008

Dyan Sudihardjo



Dyan said to you:
aálaikumsalam

waaaaaaa, terimakasih un doa yg berupa nasihat dorongan itu.
he he, daranya sekarang sedang landing di jakarta Bah, ceritanya lg latihan terbang. krn jatah tinggal j jatinangor sdh berahir u smentara.
bertemu komunitas pecinta buku dan baca merupakan satu kebhagiaan tersendiri, meski saya pada dasarnya tidak belum begitu mjadi pecandu buku-baca. tidak seperti Abah dan kawan2 di gudrids yang edun jago melahap teks.
beruntung saya menemukan gudrids.

salam kenal juga Abah, terimakasih sdh di app.

Resensi buku: Hebron Journal



Dihari ini dalam Selamat pagi Indonesia, tvOne kembali menayangkan berita. Diantaranya perihal resensi buku Hebron Journal secara berbincang langsung dengan penulisnya Arthur G.Gish, seorang warga negara Amerika yang didampingi oleh Putut Wijayanto (cmiiw) teman yang telah mengenalnya secara baik semasa Putut belajar di Amerika.

Hebron Journal, salah satu dari 14 judul buku yang telah ditulis oleh Arthur, mengisahkan tentang perjuangan rakyat Palestina melawan penjajahan kaum Zionis Israel. Arthur yang berada langsung di lokasi pertikaian, merasakan sendiri kentalnya kekerasan setelah dia mengalami sendiri ditodong oleh pucuk meriam dari satu tank Israel. Sampai dia mengangkat kedua tangannya untuk menghentikan tank tersebut. Photo peristiwa itu didapat Art dari temannya seorang photographer perang APF. Dan hal ini telah menimbulkan gelombang protes dan menimbulkan kekisruhan diplomatik. Betapa seorang Amerika ditodong oleh tank Israel.

Sebagai penganut Christiany, bermukim didaerah bergejolak itu Art juga ikut mendalami kehidupan beragama setempat. Dia juga shalat 5 kali sehari dan ikut Jumatan.
Indiarto Priadi bertanya, "kenapa kau lakukan itu Art? Bukannya kau seorang Kristen."
Art menjawab, "bagiku tak masalah apakah aku penganut Kristen atau Muslim. Karena bagiku kedua agama itu sama saja. Sama2 agama yang diturunkan oleh Musa. Secara begini aku bisa diterima oleh masyarakat kedua belah pihak dengan baik. Aku coba melawan kekerasan kaum Israel dengan cinta.
"Kenapa Art?" Tanya Indy Rahmawati.
"Aku sudah banyak melihat akibatnya klo sekelompok tentara diterjunkan ke daerah konflik. Apalagi klo tentara itu ditugaskan bukan cuma buat mempertahankan sejenghal tanah, tapi untuk menguasai sejumlah tanah. Akibatnya banyak sekali rakyat biasa yang menjadi korban."

Ketika Indy menanyakan kepada Putut, seberapa jauh Putut mengenal Art? Putut mejawab.
"Saya kenal Art dengan sangat baik ketika saya masih belajar di Amerika. Kecintaan Art kepada kaum Muslimin sangat besar (cmiiw). Saya ingat sekali dan bahkan suka merasa malu, ketika apabila ada perayaan kaum Muslim, ditengah pertemuan itu Art selalu membawa bawa satu ember kecil."
"Lho, buat apa?" tanya Indy terperangah.
"Art selalu mengumpulkan sisa2 makanan di meja buat dijadikan kompos alam. Sementara Art selalu menghabiskan makanan yang dipilihnya. Bahkan piringnya sampai dijilatinya agar tak ada makanann yang tersisa.
"Lho, kenapa begitu Art?" Tanya Indiarto dengan heran.
"Bagiku setiap, butir nasi itu anugerah cinta kasih Allah. Jadi kenapa harus disiasiakan."
"Kalau saya membaca buku ini, kira2 apa yang diharapkan oleh Art, pak Putut? Timbul gerakan yang membela kaum Palestina didaerah pendudukan Israel?" Tanya Indy.
"Gerakan seperti itu sudah terjadi dimana mana. Tapi yang ingin Art tekankan, pergerakan itu hendaknya dilakukan dengan cinta kasih. Bukannya dengan kekerasan yang ternyata sama sekali tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Melainkan kehancuran berkepanjangan."

Tuesday, July 29, 2008

Plesiran tempo doeloe



message 110: by Abah
30 minutes ago


Sumangadnya sih abah kepingin ikut, tapi sembari ngitung2 mopoh gak yah. Takutnya malah nyusahin temans lain. Makanya abah lagi ngarayud adel nih. Biasa, buat jaga2. Maklum aja namanya juga truk tua.

post a comment »
edit | flag abuse *

message 111: by Abah
0 minutes ago


"Duh beh, tau diri atuh. Ntar nyusahin temans GR lho." Begitu sugestinya ambu yang lagi kena flu berat ka abah yang bikin abah keder. Padahal kepingin pisan ikut. Jaba si Adel samimawon kok, disaat yang sama ada acara kampus. Jaba dah dibilang keren sama Po. Tapi terpaksa batal ya temans. Have fun aja ya. Selamat jalan p&p. Sumangad en doa abah senantiasa bersamamu.

Hehe, *duduk terpekur meratapi nasib*

Monday, July 28, 2008

Mimpi kering pagi hari

message 64: by Abah
0 minutes ago


Sudah lebih dari 2 tahun kusimpan puisi hasrat untukmu. Juga kalimat kalimat ketakberdaya.
Kukian terpesona akan tampilan yang kau jaga rapi.
Kuingin beri wujud optima daripada sekedar kata cinta padamu Ajeng.
Meski yang ada hanya kebisuan dalam kesunyian.

Aku tahu kau ragu.
Aku tau kau bimbang.
Meski dalam tunduk matamu, selalu tampak seruak dari jauh didalam relung jiwani.
Dan aku tahu, ada kesenyuman tersamar senantiasa terlukis dari wajahmu.
Manakala kita berpapasan.

Akhirnya kau hadir dalam rengkuhku.
Berbalur dalam putaran lenguhmu.
Dan impian itu buyar cuma 5 menit.
Disaat akan kemajingan. Di jam 07.30, saat terlirik mataku di jam dinding.
Huehehe, ternyata hanya ini yang kubisa, dimimpi pagi. Sedapnya keindahan meski cuma mimpi kering.

Dan aku kian terjelepak malu.

Friday, July 25, 2008

Awet Rajet



by Erie
07/22/2008 08:14AM


nih, review a thousand splendid suns versi seorang sinden
terserah mau dikawihkeun versi jaipongan ato kacapian (sori, gak ada terjemahannya, heu)

Awet Rajet

rumah tangga jeung manehna
geus teu kaitung lilana
ti bujangan jeung parawan
neupika geus reuay anak

ari jodo tetep pageuh
tapi sok pakucrut wae
teu kaop lepat saeutik
babari pisan mundelik

naha atuh kedah kumaha
rumah tangga jeung manehna
sakitu anak geus rea
manehna taya elingna

tengah peuting jemplang jempling
dijujurung nitah balik
rek balik, balik kamana
indung bapa geus teu boga

deudeuh teuing si nyai teh, hehehuhaha


by Erie
07/22/2008 09:58PM


iya atuh ini terjemahan semuanya

berumah tangga dengan si dia (kang rasheed)
sudah tak terhitung waktunya
dari bujangan dan perawan
ampe punya banyak anak

walau jodoh tetap kokoh
tapi suka ribut melulu
gak boleh salah dikit
gampang sekali marahnya

harus gimana lagi?
berumah tangga dengan si dia
meski anak dah banyak
dia tetap gak pernah eling

tengah malam sunyi senyap
disuruh pulang
mau pulang, pulang ke mana?
ayah dan ibu sudah tiada

huwaaaaaah... cape juga nerjemahin lagu sinden phuket ini.
jangan nyuruh2 nerjemahin lagi yak! huehehehe

Wednesday, July 23, 2008

Emas dibawah pantat?



Pas bawa buku 'The Power of Now' punya Eckhart Tolle. Cerita di bawah ini aku ambil dari Bab 1 dari buku itu. Kalo buat direnungkan, bagus juga buat kita/mereka yang selama ini merasa 'nggak ada/nggak punya apa2' dalam dirinya, n nggak pernah berusaha melihat nilai dan harta yang ada di dalam diri mereka sendiri.


Seorang pengemis telah duduk di tepi jalan selama lebih dari 30 tahun. Pada
suatu hari, seorang asing berjalan melalui jalan itu.
"Minta sedekah, Tuan.." pengemis itu bergumam dan secara otomatis
menyodorkan topinya yang sudah kumal.
"Saya tidak punya apa-apa untuk diberikan.." kata orang asing itu.
Kemudian orang asing itu bertanya, "Apa yang kau duduki itu?"
"Bukan apa-apa.." jawab si pengemis. "Hanya peti tua. Saya telah duduk di
atasnya selama bertahun-tahun.."
"Pernahkah engkau mencoba melihat ke dalamnya..?" tanya orang asing itu.
"Tidak." kata pengemis itu. "Apa gunanya? Tidak akan ada apa-apa di dalamnya.."
"Lihatlah ke dalam." desak orang asing itu.
Pengemis itu berusaha membongkar tutupnya. Dengan penuh ketakjuban, rasa
tidak percaya dan kegembiraan serta tentunya juga penyesalan, ia melihat bahwa ternyata peti itu penuh berisi emas. Peti yang selama bertahun-tahun ada dibawahnya, didudukinya, dan menemaninya meminta-minta uang receh dari setiap orang yang lewat. Seandainya saja sejak dulu ia mau meluangkan waktu untuk melihat ke dalamnya..

Tafsirkan sendiri apa pesan yang ada di cerita di atas yaaa... (hehe, iya nduk tyas.)


emanrais said...

Artinya ginih lho. Janganlah kita selalu memandang keatas. Mbok ya sesekali tolehlah apa2 yang ada dibawah pantat kita. Kan biasanya juga cuma flush tuh. Manatau juga disana tiba2 menjadi setumpuk emas. Gituh lho!

Jul 23, 2008 10:55:00 PM

*** Genderang UI ***



by Amang "Po"
0 minutes ago


versi awal lirik lagu Genderang UI

*** Genderang UI ***

Universitas Indonesia
Universitas Kami
Bogor, Bandung, Jakarta
Pusat Ilmu Budaya Bangsa

Kami Mahasiswa
Perlambang Cita
Ngejar Ilmu Pekerti Luhur
Tuk Nusa dan Bangsa

S’mangat Lincah Gembira
Buku Pesta dan Cinta
Itulah Hidup Kami
Mahasiswa



Gosipnya: buku, pesta, dan cinta dihapus karena dilarang oleh Soekarno.

Gieb



by gieb
47 minutes ago


kekayaanku hanya buku dan bunga
aku kangen. katamu
dan aku melamarmu dengan perpisahan
sambil terus mengumpulkan buku dan bunga
menjarakkan pertemuan kita
yang tak kunjung sampai!

AmanK Po

Amang "Po" (last edited 07/23/2008 03:32AM)
58 minutes ago


omong-omong soal cinta...

Saat senja dan malam bersentuhan
Orang-orang berkisahan tentang keindahan
Kenikmatan berkasih-kasihan
Puji-pujian dan mesranya belaian

Tapi ia tersenyum kecut
dalam diam surut mengkerut
Tak berani serukan lantang
malah membisu di sudut-sudut gudang

Hendak ia ungkap rahasia:
Cinta telah khianati ia
Asmara telah penjarakan ia
Kasih telah menyiksa ia

Dulu ia seorang pecinta
kemana pergi dengan mata penuh asmara
kini ia cuma mantan pecinta
kemana pergi dengan kedukaan nyata

Apakah benar bunyi anak kata
dari mulut besar para pujangga
"semua hal dalam hidup di dunia fana
untuk mencinta agar dicinta"

Karena asmara telah lama sandera
jiwa dan segala rasa suka
kini ia cuma mantan pecinta
kemana pergi dengan kedukaan nyata

29 Desember 2000


Po
mantan pecinta yang telah sadar

Tetap impressive atuh!


Suwer deh, abah bisa kalap menatapi nih

Helvy Tiana Rosa

Monday, July 21, 2008

Cover story tvOne: Diskusi Sastra


Alhamdulillah. Senangnya abah malam ini bisa menikmati Diskusi Sastra yang dari Cover story TvOne. Sayangnya dalam diskusi ini hanya 4 sosok yang aktif berdiskusi. Tapi namanya juga penulis, yang kata Ebiet G. Ade, "terbiasa berjalan dengan kepalanya." Inilah suasana diskusi dengan host M. Rizki. Rasanya rame kayak permen nano2. Makanya simak deh lain kali. 


Sebetulnya selain dari Helvi Tiana Rosa ini, masih hadir sederet penulis wanita, juga  yang muda usia yang dijuluki sebagai Sastrawangi.



Huh, Helvi benci betul kepada istilah yang dianggapnya sangat merendahkan ini lho.


Beginilah sosok penulis Lasykar Pelangi, Andrea Hirata. "Biar tercipta logika sastra yang baik, maka pemerintah Singapore telah menjejali para siswa dengan karya2 Leo Tolstoy." Hehe jadi ingat sama perkenalan Erie nih, semasa SMP kelas 1 beroleh hadiah dari bapak. Sebuah buku setebal 1126 hal seberat 11 Kg. Hati2 aja jangan smp niban kaki ya Erie.


Hehe klo yang ini jelas Muammar MK penulis sastra selangkangan, yang sambil hahahehe telah dibantahnya sendiri. "Biarkan citra itu terjadi dan saya tak bermaksud untuk merubahnya."


Buat mengendurkan syaraf, selain makan minum juga disuguhi tampilan band Bother&Co yang banyak menghadirkan lagu2 Koes Plus. Back to the eighties, gituh!

Saturday, July 19, 2008

Erie di profil Leli

from Erie
7 days ago, 08:16AM


the regression, part one

pada suatu hari seorang afrit teler (kbanyakan minum anggur) berkunjung ke seorang hipnoterapis.
dia berbaring di bangku panjang khusus untuk pasien, dan sang hypnoterapist yang juga kbetulan penjual anggur merah, penjahit, psikoalaist :-p mulai mengeluarkan jam saku dan menggerakannya seperti sebuah pendulum.
tik.. tok.. tik.. tok..

hypnoterapist
tik.. tok.. tik.. tok..
Close your eyes and begin to relax.
Take a deep breath, and let it out slowly.
tik.. tok.. tik.. tok..
Concentrate on your breathing.
With each breath you become more relaxed.
Imagine a brilliant white light above you,
focusing on this light as it flows through your body.
tik.. tok.. tik.. tok..
Allow yourself to drift off as you fall deeper and deeper into a more relaxed state of mind.
Now as I count backward from ten to one,
you will feel more peaceful, and calm.
tik.. tok.. tik.. tok..
Ten. Nine. Eight. Seven. Six.
You will enter a safe place where nothing can harm you.
Five. Four. Three. Two.
tik.. tok.. tik.. tok..
If at any time you need to come back, all you must do is open your eyes.
One.
tik.. tok.. tik.. tok..

zzzzzz... dan sang afrit mabok pun mulai "tertidur" (akibat anggur merah?) mungkin juga

hehehehe *to be continued* ;-)

Thursday, July 17, 2008

Wednesday, July 16, 2008

kembang tanjung panineungan"

duka kunaon ieu teh, naha simkuring jannten emut kana lagu cianjuran "kembang tanjung panineungan" ieu teh, uninga pan abah ka lagu paten eta? minangka nyarioskeun jaman2 gorombolan. sok sakapeung cirambay mun nguping eta lagu tengah wengi mah, hehehe. ke antosan sakedap.

*nekad tampil pake sanggul dan kebaya - bergaya seperti ibu upit sarimanah*

bade ngiring nembang we ieu mah

anaking jimat awaking
basa ema mulung tanjung, rebun rebun
dipakarangan nu remis keneh
harita keur kakandungan ku hidep

geus opat taun ka tukang
ema nyipta mulung bentang
nu marurag peuting tadi
bentang seungit ditiiran
pangangguran

anaking jimat awaking
basa ema mulung tanjung, reujeung hidep
bet heunteu sangka aya nu datang
ti gunung rek ngabejaan bapa hidep

nu opat poe teu mulang
ngepung gunung pager bitis
cenah tewas tadi peuting
layon na keur dikadieukeun
dipulangkeun

harita basa layon na geus datang
ema ceurik aduh balilihan
ras inget ka hidep aduh na kandungan
utun inji budak yatim deudeuh teuing

harita basa layon na geus datang
ema inget geuning kana tanjung
di kalungkeun na pasaran
kembang asih panganggeusan
ieung ti duaan

anaking jimat awaking
lamun ema mulung tanjung, reujeung hidep
kasuat suatna pipkiran
tapina kedalna teh ku hariring

hariring eling ku eling
kana tanjung nu dipulung
kembang tanjung nu nyeungitan pakarangan
nu nyeungitan hate urang
panineungan

duh, jadi cirambay emut ka jenat na nini ieu teh, huhuhuhu...

aduuuuuuuh, meni kamalinaan nyanyi teh. punten, punten, punten, punten sakali deui. *panjaaaaaaang teuuuiiiiiiiing*

permios atuh

erie
lalaki raheut hatena :D

Eplok Cendol



bah, bade ngiring ngahaleuang deui we ieu mah. tengah wengi jiga kieu mah bade ngawih lagu "eplok cendol" miss phuket we, supados haneuteun :D

urang taksir itu gunung randa gaya
rambut panjang salira hejo carulang
sok piraku salira henteu kabita
duh, kalo jalan pinggulnya di goyang-goyang

goyang pinggul eplok cendol katelahna
aduh aduh, teu sangka sae goyangna
loba piasan lalaki nu ka goda
duh , umat imut jeung dulak dilak socana

biar tua kalo jalan masih gaya
mun kenalan sok resep pamuda
mun di mik'up dangdanan direka reka
teu tingaleun ku mojang ayeuna

eplok cendol berjalan sudah biasa
biar tua keliatan masih gaya
mun kenalan jigana moal kecewa
aduh aduh nyi randa naha dimana bumina

salam manis buat abah dari miss phuket eplok cendol :D

Tuesday, July 15, 2008

nanto sriyanto



message 27: by nanto
07/09/2008 09:34PM


hehehe soal daminatilada. Jadi inget lagu "Lemah Cai"-nya Mang Koko Koswara. Cocok juga buat Afganistannya Amir dan Hasan.

Lemah cari kuring
Nagri endah asri
Sugih cacah jiwa...
(kok gue lupa lanjutannya..

pindah ke syair ke dua)

Kuring muji syukur ka Alloh nu Asih
Anu tos masihan lemah cai kuring

Si...m kuring tresna miwah nya'ah
ka lemah cai pribadi..
kuring suka kuring betah..

(we...tetep ingatannya sepotong-sepotong)

Duh jadi pengen niup suling Cianjuran lagi...
perasaan dulu aja dah lupa gimana niupnya..

post a comment »
flag abuse ?

message 28: by Dahlia
07/10/2008 12:49AM


Ki sanak, bukannya blangkon yg sodara pakai ituh dr Jawa? Kok bisa bahasa sunda??
*bingung mode On*

post a comment »
flag abuse ?

message 29: by nanto
07/10/2008 01:56AM


yah maklum, saya teh khatam "Gapura Basa" terutama bagian "Kagunaan Panon Poe Keur Sapopoe" di buku yang coklat.

Tapi jangan salah, kalau berhitu saya suka hilap

"hiji dua tilu opat lima enem pitu wolu songo sepuluh"

begitu Ni Sanak :D

post a comment »
f

Wednesday, July 09, 2008

Gunem catur Mahabarata



message 1: by Aaeman
05/14/2008 12:48AM


Duh Leli hebat punya lho. Testing ingatan nih ya. Apa ceritera Parikesit itu Mahabrata jilid 36 gak sih? Hehe, abah bacanya juga th 1956 tuh.

post a comment »
edit | flag abuse ?

message 2: by Leli
05/14/2008 01:09AM


duh.. testingnya ngambil her nih
abah, ini buku filosofi saya pertama,jaman sd
yang berkesan sih pengenalan tokoh2nya bisa diliat dari bentuk "sanggul rambutnya" hehehe

anak sd sekarang kenalnya filosofi jedi nih




post a comment »
flag abuse ?

message 3: by Aaeman
07/07/2008 05:16AM


Hehe, klo sanggul rambut Leli purwa rupa dari tokoh apa ya? Kunti yang welas asih kalih yah?
Mendingan jedi katimbang ksatria baja hitam mah. Hehe, zaman memang selalu berkembang sih ya Lel.

post a comment »
edit | flag abuse ?

message 4: by Leli
07/07/2008 11:51PM


sanggulnya drupadi, abah. yang lagi "males" kramas itu loh.. awut2an. haha
jedi itu sebenernya brahmana juga sih ya Bah



post a comment »
flag abuse ?

message 5: by Aaeman
07/08/2008 12:38AM


Hehe, tadinya iya abah mo pilih Drupadi tuh, tapi takut aja abahna ntar dimintain darah Dursasana buat kramas. Mau nyari kemana coba?
Btw, kok bisa tahan ya Yudistira seorang raja guanteng punya permaisuri cuantik tapi rambutnya riab2an mana bau gituh. Apa salah satu cobaan hidup bagi sang raja bimantara itu. Kebayang gak seh, betapa akan sengsaranya hidup abah klo Leli bersiteguh kayak Drupadi gituh. Hehe, gemez deh.

Iya juga ya. Tapi rasanya Jedi itu berkasta brahmana rangkap kesatria deh. Asal KPK gak tau, gajinya bisa dobel tuh. Kayak Dorna aja kalih ya Lel. Btw, klo ksatria baja hitam kira2 termasuk kasta apa hayoooo???? *klo abah mah milih kasta eman aja dah ya, biar bisa luncheon sama Leli lho.

Klo isteri Abimanyu yang melahirkan Parikesit itu siapa namanya ya Lel? Ayo ini tebakan berhadiah!

post a comment »
edit | flag abuse ?

message 6: by Leli
07/08/2008 01:10AM


drupadi, teguh2 sih memang teguh. tapi Abah, maksudnya sih drupadi versi india, yang suaminya pandawa lima-limanya, haha

ksatria baja hitam itu jedi yang murtad jadi sith, kasta logam berat penghasil limbah.
durna dan bisma, konfliknya pelik ya... menurut abah keputusan mereka gimana?

maminya si jeng utari apa utara dari wirata.
dapet hadiahnya apa nih..



post a comment »
flag abuse ?

message 7: by Aaeman
07/08/2008 02:07AM


Atuh iyah lagih. Drupadi mah versi India masa versi Jawa sih? Hehe, sebegitu dahsyat entah degil tuh daya hayal sang Viyasa. Betul kan Lel, pengarang Mahabharata itu Viyasa? Klo menurut opini Leli, gimana tuh permaknaannya Drupadi kok kawin sama Pandawa berlima. Karma apa yang dia bawa dari kehidupan sebelumnya ya?

Duh neng Leli kok tajam aja sih bisa ngendus en kritis sama logam. Jangan2 pemegang saham PT KS ya. Tapi daripada dijual ke mahluk asing khan?

Iya memang pelik tuh Lel. Tapi kan dengan liehaynya Viyasa membungkus mereka dengan karma ksatria. Kecuali Durna yang suka latahan ginih, "Ajoooooouw Aswatamaaaaa." Tereaknya kepada sang putra tercinta. Cuma anehnya kok sang pandita itu bisa aja dibodohin sama Pandawa yang menebar isu klo Aswatama dah perlaya di padang Kurusetra yah. Kan sesungguhnya yang mati itu seekor gajah bernama Asatama. Setelah itu Durna ngamuk yang tentu aja diperangi dan dihujani panah prima oleh Arjuna, murid terkasih nya sendiri.

Berbeda dengan Bisma. Sang resi yang smp tuwa melajang itu hidupnya memang penuh konflik berkepanjangan. Ternyata sikap welas asih itu membuatnya menjadi kesatria sakti mandraguna yang gamang. Ingat gak kisah Bhagawat Gita? Bagaimana Arjuna juga gamang manakala harus berhadapan dengan sang Resi, abahnya sendiri. Smp Arjuna kudu diomelin dulu panjang pendek oleh sais khusus kereta perangnya yakni Shri Kresna. Akhir nya sang Bisma mangkat dalam perang panah melawan Arjuna. Meski sang Bisma punya aji Pancasona yang membuat beliau tak bisa mati selama tubuhnya masih menyentuh tanah. Makanya beliau tewas dengan ratusan panah menembus tubuhnya sekalian menyangga tubuhnya dari sentuhan sang pratiwi.

Abah lupa tuh Lel, akan alasan Resi Bisma kudu bertempur melawan Arjuna yang sangat dicintai beliau. Klo yang ini hadiahnya berlibur seminggu di Singapur atau Bali. Tapi atas biaya sendiri.

Hehe, iya nya. Isteri Abimanyu itu Utari putri raja Wirata. Klo Utara mah cowok atuh neng.

Hadiahnya kecil kok Lel. Nobar, klo abah dah sehat. Duh kayak apa rasanya nonton bareng sama buguru secantik ini ya. Asal rambut Leli jangan ngeriab aja abah mah. Hiiiihhhh, serem deh.

post a comment »
edit | flag abuse ?

message 8: by Dahlia
07/08/2008 02:15AM


*gelar tikar,duduk maniez sambil makan popcorn dengerin miss leli ma abah*



post a comment »
flag abuse ?

message 9: by Leli (last edited 07/08/2008 02:45AM)
07/08/2008 02:35AM


drupadi poliandri, kalo versi wayang kan ga pantes atuh ya kan bah...

begawan Vyasa. katanya si wiki: Buku ini terdiri dari delapan belas kitab, maka dinamakan Astadasaparwa (asta = 8, dasa = 10, parwa = kitab). Namun, ada pula yang meyakini bahwa kisah ini sesungguhnya merupakan kumpulan dari banyak cerita yang semula terpencar-pencar, yang dikumpulkan semenjak abad ke-4 sebelum Masehi.

kalo parikesit di versi india gimana abah, menurut mitos wayang bapak ini menurunkan keturunan raja jawa?

alasan resi bisma melawan arjuna, lupa juga, supaya konflik psikologisnya lebih banyak? akhirnya srikandi yang maju juga kok manahin si resi.

(sambil ngelempar popcorn mentah ke dahlia.."kerr..kerr..kerr..")

post a comment »
flag abuse ?

message 10: by Dahlia
07/08/2008 02:50AM


*sedia payung sebelum hujan, buka payung sebelum jagung kena jidat*

G pan lagi dengerin miss, pengen tau klanjutanyah. dulu sempet nonton seri indianyah tapi ga d lanjut ma tpi


post a comment »
flag abuse ?

message 11: by Leli
07/08/2008 02:55AM


hihihi payungan..
jagung mentahnya ditadahin buat nobar d rumah aldo :D, punya film seri mahabarata ga dia?

post a comment »
flag abuse ?

message 12: by Dahlia
07/08/2008 03:04AM


G lagi mengenang, nonton d youtube heuheuheuh...
*ngambilin jagung buat bekel nonton d Aldo*

post a comment »
flag abuse ?

message 13: by Leli
07/08/2008 03:11AM


duh.. youtube buat bolywood..

post a comment »
flag abuse ?

message 14: by Aaeman
39 minutes ago


Duh Dahlia mah trus laju ajah ngupingin. Bukannya bantuin ngorbol kalahka duduk pinton maniez sambil ngunyah borondong. Hehe tapi untung juga ketang ada jagung bledug, klo gak kapan dah pasti olohok smp laler ijo masuk gua calangap aja gak kerasa. Tul gak tuh puan Dahlia wanoja bogor?
***abis wajahnya mirip puan maharani sih***

post a comment »
edit | flag abuse ?

message 15: by Aaeman
10 minutes ago


Iya yah, kapan beda versi wayang yang pupolis sama versi buku yang gak semua orang suka baca. Makasih, untung buguru Leli dah ngingetin abah.

Hehe, iya yah begawan Viyasa atau klo kata lidah pelo orang kita mah disebut begawan Abiyasa. Tapi dalam komik RA Kosasih versi awal rasanya begawan Abiyasa ini juga termasuk salah satu tokoh awal keluarga Pandu deh. Tul gak tuh buguru Leli?

Hehe, saking sumangadnya abah ngawangkong sama buguru Leli, smp lupa klo kastria pihak Pandawa yang menewaskan Resi Bisma itu Srikandi isteri Arjuna. Alkisah diawal ceritera, gimana bisa sang Bisma yang putra bungsu dari Pandu Dewanata smp terkena kutukan klo beliau akan tewas ditangan seorang wandu alias banci. Dan Srikandi ini seorang kesatria mandraguna yang banci itu. (Hehe, klo kata Gieb mah yang wer kewer kewer.) Entah juga bagaimana Arjuna bisa doyan sama Srikandi. Apa karena sepak terjangnya, apa karena kecantikannya apa karena karmanya yang nantinya bakal menjadi pahlawan padang Kurusetra?

Parikesit versi India? Wah abah gak tau juga tuh buguru Leli. Di tahun 1959 abah pernah beli buku Mahabarata di Musium Nasional. Klo gak salah sih karya Utuy Tatang Sontani? Tapi rasanya cuma seputar filosofi perang Baratayudha aja kok.
Abah tau Parikesit ya dari komik berseri RA Kosasih itu. Perihal Parikesit rasanya bisa dibaca di komik jilid 36-40. Buku Mahabarata yang lagi Leli baca, komik gak sih buguru Leli?

Menurut mitos, "bapak ini" siapa neng? Abah? Gak lah, abah gak tanggung jawab kok atas terlahirnya atao lengsernya para raja Jawa. Suwer abah mah. Klo gak percaya silet aja jari abah, pasti warnanya merah deh. Hehe, abis buguru braninya cuma lempar jagung mentah ke jidat Dahlia aja sih. Klo berani ke abah juga dong. Syukur2 nanti saat2 kita nobar di misbar ya. Ayo sumangad!
*Untung abah gak ditagih hadiah tuh*


post a comment »
edit | flag abuse ?

message 16: by Aaeman
0 minutes ago


Parikesit menurunkan raja2 jawa? Rasanya itulah salah satu karya seni pikir piawai dari para penebar agama Islam deh. Biar mudah diterima oleh masyarakat Jawa yang tadinya beragama Hindu. Mana para wali juga umumnya ras Semit tentu rupanya dekat dengan ras Hindi. Entah juga klo mitos itu kirata. Dikira kira ambeh nyata. Ato kiroto klo di masyarakat Jawa mah. Dikiro kiro nek nyoto. Dikirain sambil makan nasi en soto.

Chicha Widyaningsih





you said to Chicha:
Duh, tentunya abah akan senang jumpa kaum muda nasionalis begini. Kapan ya abah bisa ke Kuta buat jumpa dengan Chicha, dkk? Tentu akan suka senang eman buat berbincang sambil saling isi dan tukar pengalaman seraya mengenang masamuda abah yang di 1963-1965 pernah jadi sekretaris ranting PNI Ali. Kesan berorganiasi itu masih membekas hingga abah tob begini lho. Makanya abah senang ikut memahami betapa nduk tengah mewarnai diri dengan wawawan nasionalisme dan lintas agama.

Makasih nduk. Nanti abah buka kedua website itu. Hehe, meski belum baca namun abah kira bagi nduk dkk rupanya punya ikatan emosi yang kuat dengan California ya. Iyalah, bagaimanapun kita perlu berwawasan antar bangsa biar semangat kebangsaan menjadi semakin mekar dan kuat. Lagian kita tak hidup sendirian kok. Salam buat semua teman2 nduk di Merte Sari 27 ya. Bangganya abah sama anak2 muda yang punya kekuatan visi dan misi begini.
10 minutes ago



Chicha said to you:
i ya Abah, kalau ke Bali mampir ke tempat nongkrong kami di Sunset Road Kuta Jl Merte Sari 27.. kami bergabung di wadah lintas agama dan bergiat di kebangsaan.. jangan lupa buka website kami di www.nationalintegrationmovement.org ,atocaliforniabali.org. selamat sore Abah, senang berkenalana dengan Abah..
salam
chicha
1 day ago, 02:38AM


you said to Chicha:
Iya nduk, makasih sama2. Doa abah selalu bersama chicha lho. Salam buat semua teman2 di Bali ya.
1 day ago, 02:17AM


Chicha said to you:
Terimakasih Abah, mohon doa restunya...salam kenal dari chicha..
1 day ago, 02:07AM


you said to Chicha:
Salam Chicha. Makasih lho buat undangannya. Sayangnya kondisi pisik abah lagi gak bisa jalan jauh. Tapi selamat untuk sukses ya nduk.
1 day ago, 01:24AM

Nurul Winarni



you said to Nurul:
Syukur atuh klo sumangad abah ada manfaatnya juga buat Nurul. Mampir? Wah kepinginnya sih sering2 tuh neng. Meresapi 2 blogs aja rasanya kayak botram di kebun raya buitenzorg deh. Kepala jadi sejuk dan tatap mata kian cemerlang. Sukses ya. 1 day ago, 01:16AM
delete


Nurul said to you:
Siang Abah,  Hehe, gak kebalik tuh ya... Semangat Abah yang menular ke saya, gitu. Thanks juga udah di add dan udah mampir ke blogku.

Best,
Nurul
1 day ago, 01:04AM


you said to Nurul:
Selamat pagi Nurul. Makasih ya dah add abah. Salam kenal semoga sehat ceria sejahtera. Moga2 semangat baca Nurul membawa berkah ke abah. Kenapa? Hehe, jadi malu ah

Palsay

you said to Palsay:
Hehe Palsay mah. Klo gitu profilnya tambahain kata, "look at me." Ntar abah yang lihatin deh setiap jam 2 dinihari smp dekat waktu fajar.
Duuuhhh ituh, abah kesohor apanya sih? Temtu tuwanya ya. Sign nya oekeh punya tuh. Pals.


1 day ago, 01:11AM
delete
Palsay said to you:
hahaha...maksudnya cakep, tapi gada yang liat..cucian deh...
makasih ya Bah...seneng bisa jadi temennya Abah nu kesohor tea...

salam buku juga
Pals 1 day ago, 01:02AM


you said to Palsay:
Makasih ya Palsay dah add abah jadi temanmu yang gemilang. Waduh profilnya banyak kejutan tuh. Abah lagi garuk2 jidat nih buat memaknai "always look beautiful at 2 a.m." Wah pasti ada yang ditunggu ya. Tapi apapun, jaga sehat kuat ceria buat sukses apa aja ya. Salam buku.

Tuesday, July 08, 2008

Erie





Duuuhhhh, yoy belekbek. Mangga abah seja tumampi kana sadaya pangabaktos ujang Erie. Hehe, kok rasanya kayak di panggung wayang jalma jadul aja ya. Jadi nostalgia lolos dari lubang jarum, waktu numpak sepeda onthel mo ke Cisurupan Ujung Berung. Padahal di satu petang 1959 itu Cisurupan lagi ditingker oleh gerombolan DI/TII. Puguh matak aneh rewu nuhun ka Gusti, abah mah jang Erie. Eta sapeda onthel semet ti Cicadas nepi ka 3x ban kempes di Cicaheum, Cikadut trus dekat Sukamiskin. Baru deh dari para penjaga gerbang lapas, abah tau klo Cisureupan lagi ditingker. Jaba ada satu guru dari Jatinegara yang tewas dibaledog ku granat. Padahal tadinya abah mo ngadeuheus tur ngahatur pangabaktos ka pun uwa ki Lurah Cilengkrang anu linggihna di Cisurupan tea. Hehe, mahap ya jang abah jadi ngawangkong siga bangkong yeuh. Estu waas tuda.

Hehe deui, nya kasep atuh. Piraku deui jang Erie geulis onaman mah. Atuh liat ajah, kapan bisepna oge mani sakitu ngempruyna siga bentang.
Husss ujang Erie mah, ya megah atuh klo lagi make slempang sang putri taeun lagi taeun mah. Hatur rewu nuhun laksa kabingah nya jang. Edas euy!