Saturday, July 04, 2009

Nanto Sriyanto

Nanto Sriyanto
Nanto Sriyanto pertanyaannya ajaib, hasilnya juga!
Nanto ikuti kuis siapakah kamu dalam PANDAWA 5 ???? dan hasilnya adalah Arjuna

Arjuna merupakan putera bungsu Kunti dengan Pandu. Namanya (dalam bahasa Sansekerta) memiliki arti "yang bersinar", "yang bercahaya". Ia merupakan penjelmaan dari Dewa Indra, Sang Dewa perang. Arjuna memiliki kemahiran dalam ilmu memanah dan dianggap sebagai ksatria terbaik oleh Drona. Kemahirannnya dalam ilmu peperangan menjadikannya sebagai tumpuan para Pandawa agar mampu memperoleh kemenangan saat pertempuran akbar di Kurukshetra. Arjuna memiliki banyak nama panggilan, seperti misalnya Dhananjaya (perebut kekayaan – karena ia berhasil mengumpulkan upeti saat upacara Rajasuya yang diselenggarakan Yudistira); Kirti (yang bermahkota indah – karena ia diberi mahkota indah oleh Dewa Indra saat berada di surga); Partha (putera Kunti – karena ia merupakan putera Pritha alias Kunti). Dalam pertempuran di Kurukshetra, ia berhasil memperoleh kemenangan dan Yudistira diangkat menjadi raja. Setelah Yudistira mangkat, ia melakukan perjalanan suci ke gunung Himalaya bersama para Pandawa dan melepaskan segala kehidupan duniawai. Di sana ia meninggal dalam perjalanan dan mencapai surga. Nama lain Janaka, senjata utama ialah panah Pasopati.


Yohanes Agung at 5:42pm July 4
lelananging gudrid :)

Nanto Sriyanto at 5:51pm July 4
GUBRAK! Matilah....!!! Pancen Agung ki istilahe...

Abah Gaby
Abah Gaby at 6:06pm July 4
Padahal jagoan memanah itu cuma kiasan doangan kok. Umumnya semua putra raja doyan memanah. Ingat gak kasus Manohara yang dipanah oleh sebangsaning watak Gareng kelakuan Arjuna. Hehe, lelaki memang doyan gituh.


Nanto Sriyanto
Nanto Sriyanto at 6:13pm July 4
watak gareng kelakuan arjuna yah bah? hu hu hu serem tuh.

tp kenapa arjuna digambarkan gemulai dan santun sehingga harus dilakoni oleh perempuan, buat saya itu yang menarik. Ben Anderson pernah mengulas ini kalo gak salah!

Pemujaan Arjuna jadi satria utama jelas menyesatkan dari watak cerita wayang yang aslinya jauh dari hitam putih.

Nanto Sriyanto
Nanto Sriyanto at 6:15pm July 4
@ agung blom. besok tak liatin di pameran. salah satu buruan ku buku2 lawas neh. kemaren ke stand sinar harapan nanya komik Mimin gak dibawa katanya

Abah Gaby
Abah Gaby at 6:36pm July 4
Atuh iya dong Nant, coba klo digambarkan sebangsaning Bima tentu sosok kayak abah bakalan menjadi korban fitnah tuh. "Huh pantesin aja doyan, na awaknya aja badag jung."
Makanya Bima digambarkan penganut poligini dengan dewi raseksi ibunya Gatotkaca yang tentu Arjuna kagak doyan.

Bayangin pria berkukuTL digambarkan sebegitu alimnya. Padahal semua pria nyaris berwajah gareng kelakuan arjuna.
... Read More
Dalam wayang purwa semua sinatria pandawa digambarkan sebagai kesatria utama lho. Tapi hanya satu yang bisa moksa, yakni Samiaji. Sosok Yudisthira disaat mangkat.

Zen Silurushati
Zen Silurushati at 6:45pm July 4
blas ra cocok !

Nanto Sriyanto at 6:47pm July 4
nah itu bah. sebenarnya saya mah nanyanya kenapa dalam cerita jarang ada yang menggambarkan keutamaan anak2 madrim?

kalo anaknya kunthi (yudhistira bima, dan arjuna) itu mah banyak. wayang pada awalnya berusaha semanusiawi dalam menggambarkan setiap tokoh. ihwal arjuna yang "sempurna" ada kelemahan, bahkan kurawa lebih utama dalam pengakuan seorang anak sais dibandingkan pandawa. meski sangat politis alasannya yah!

Nanto Sriyanto
Nanto Sriyanto at 6:54pm July 4
@ Zen, Protesnya sama yang bikin kuis yak!.

Btw, lah sampeyan toh yang ngandani aku mirip Partha? hehehe jan Partha kui anake Kunthi to?

Abah Gaby
Abah Gaby at 7:04pm July 4
Maksudnya Batik Madrim ya? Weh, maaf abah kok lupa akan peran tokoh itu ya. Ini gara2 Ian Mintaraga salah kasih gambaran anyar tentang Batik Madrim simanusia anak jin dalam cergam Tambun Tulang di 1972 tuh.

Hehe, Nant. Siapakah gerangan Madrim itu?

Nanto Sriyanto at 7:09pm July 4
itu bah, istri kedua Pandu. Saudara seperguruan Kunthi yan juga diperistri Pandhu Dewanata. Ibu dari Nakula-Sadewa.

Abah Gaby
Abah Gaby at 7:20pm July 4
Dewi Madrim. Iya ya gak begitu dikenal ya. Bahkan peran sikembar dengan kemampuan bungsu gak sedigjaya panengah Pandawa bahkan ponakannya Gatotkaca. Mangnya gimana opini Nant akan sosok beliau tuh? Weleh sorih, abah masih elap nih Nant.

Ntar deh Senin abah ke Tangerang, buat Lanjutkan!! Mo buka2 lagi komik simpenan Bharatayudha itu. Hih kan di 1990 Ade doyan banget sewain komik2 itu buat uang jajan tuh.

Nanto Sriyanto
Nanto Sriyanto at 7:32pm July 4
komiknya sekarang jadi mahal tuh bah. tapilannya gak sekeren yg dulu sih.
ditunggu hasil buka bukunya bah

Yohanes Agung at 7:53pm July 4
kabarnya karena sering gak dianggap, dewi madrim nyebrang ke ranah spanyol, kawin ama florentino perez bikin ksatrian namanya real madrim

Nanto Sriyanto
Nanto Sriyanto at 8:06pm July 4
iya. demi mempopulerkan dirinya. Di Indonesia, Dewi Madrim bikin iklan layanan publik. "Menanti waktunya Azan Madrim"

Abah Gaby
Abah Gaby at 8:07pm July 4
@Yo, hehe real madrid kalih.
@Nant. duh ini mah nyari buku bukannya buka buku atuh. Takutnya dibawa pulang penyewa dengan tandon gope tapi bablas gak pulang lagi tuh. Tapi kita saling mendoain aja ya.
about an hour ago · Comment · LikeUnlike · Show Feedback (6)Hide Feedback (6) · Ikuti Kuis ini

No comments: